Roadmap Membangun Budaya Perusahaan

Oleh: Dr. HC Ary Ginanjar Agustian (Corporate Culture Consultant)

Corporate culture atau budaya kerja peru­sahaan merupakan fondasi untuk ke­suksesan jangka panjang sebuah korporasi. Perusahaan yang mampu bertahan lama di dunia, memiliki fondasi yang kuat yaitu budaya kerja dan sumber daya manusianya. Prof Richard Barrett menyatakan bahwa saat ini modal kultural atau intangible drivers menempati porsi 60 hingga 85%, sedangkan modal finansial atau tangible drivers hanya 40-15% dari nilai saham.

Banyak kajian yang mem­buktikan pengaruh budaya perusahaan terhadap performance atau kinerja perusahaan. Menurut Kotter dan Heskett dalam bukunya “Corporate Culture and Performance” bahwa perusahaan dengan bu­daya yang kuat berhasil me­ngalahkan perusahaan dengan budaya yang lemah dalam hal kinerja dimana mereka mampu menghasilkan revenue 4x lebih tinggi, memiliki tenaga kerja yang 7x lebih baik kualitasnya, meraih nilai saham 12x lebih tinggi serta keuntungan bersih lebih dari 700%.

Menyadari akan pentingnya budaya perusahaan, maka ESQ Leadership Center yang selama 10 tahun bergerak di bidang pe­latihan pembangunan karak­ter sumber daya manusia, ki­ni mengembangkan jasa kon­sultan untuk membangun bu­daya perusahaan yaitu ACT Consulting.

Untuk memudahkan pen­jelasan pembangunan budaya perusahaan. Mari kita bayangkan bila kita akan mengadakan sebuah perjalanan ke suatu ko­ta. Tentu kita memerlukan be­berapa hal di antaranya: se­buah mobil, pengemudi, attitude driver yang memiliki integritas, sebuah peta, speedo­meter, dan tentu saja bahan bakar.

Sehebat apapun mobil, ma­ka mobil tersebut tidak akan berjalan tanpa pengemudi. Na­mun seorang pengemudi akan membahayakan perjalanan jika tidak mempunyai integritas. Akan tetapi seorang pengemudi yang baik dan jujur pun tidak bisa berbuat banyak apabila tidak punya kemampuan me­ngemudi, tidak tahu kapan menginjak rem (brake) dan gas, dan tidak tahu cara berbelok.

Sebuah korporasi atau ins­tansi/pemerintahan, memerlu­kan seorang leader untuk men­capai tujuan perusahaan. Untuk membangun persona­lity para leader yang kuat inte­gritasnya maka ESQ menyediakan Training Character Building untuk membangun integritas. Selain itu tersedia juga Value Based Leadership Training untuk melatih para leader agar memiliki kemampuan memimpin.

Perusahaan memerlukan sebuah peta atau road map. ACT (Accelerated Culture Trans­formation) membantu per­usahaan untuk membuat roadmap agar perusahaan dapat mencapai visi dan misinya.

Barrett Values Centre bekerjasama dengan ACT Consulting untuk mengukur kondisi budaya saat ini (current culture) dan budaya yang diharapkan (desired culture) serta entropi budaya sebuah organisasi atau energi yang digunakan untuk kegiatan non produktif.

Dengan berbagai perangkat tersebut baik training pemba­ngunan karakter, skill, dan kom­petensi leader, serta ke­tersediaan assessment dan roadmap, maka diharapkan proses perjalanan membangun budaya perusahaan dari kondisi saat ini (current culture) berlangsung sehingga dapat mencapai budaya yang diharapkan (desired culture) secara terukur dan komprehensif.•

ACT Consulting
Jl. Ciputat Raya No. 1B Pondok Pinang, Jakarta 12310
Telp. (021) 7696654 Fax. (021) 7696645
Email: act.consulting@esqway165.com

Sumber: http://esq-news.com/2012/berita/02/27/roadmap-membangun-budaya-perusahaan.html

Advertisements
By aryginanjaresq Posted in Tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s